Fakultas Pertanian
Diposting tanggal: 03 Mei 2012

RIWAYAT SINGKAT FAKULTAS PERTANIAN

Fakultas Pertanian Untirta merupakan salah satu fakultas dari enam fakultas yang berada di lingkungan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Lokasi Fakultas Pertanian Untirta berada di Jl. Jakarta KM 4,Pakupatan - Serang. Fakultas Pertanian didirikan dan disahkan melalui SK Mendikbud RI Nomor:0123/0/1989 pada tanggal 08 Maret 1989.

Sejalan dengan upaya pemerintah provinsi Banten untuk mempromosikan dan mengembangkan daerah ini ke tingkat regional, nasional, maupun internasional,  maka Fakultas Pertanian Untirta berupaya mengambil langkah proaktif dalam upaya penyediaan sumberdaya manusia yang dibutuhkan baik oleh  daerah banten atau pun bangsa Indonesia.

Dalam meningkatkan kualitas sumberdaya manusia Indonesia guna mengantisipasi era globalisasi dewasa ini, maka beberapa strategi direncanakan untuk dilakukan oleh Fakultas Pertanian Untirta. Perencanaan ini dilakukan dengan tidak mengabaikan kondisi dan keberadaan/kemampuan  Fakultas Pertanian Untirta dewasa ini. Oleh sebab itu, analisis tentang kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan menjadi dasar dari Perencanaan strategis Pengembangan Institusi secara keseluruhan.

 

VISI DAN MISI FAKULTAS PERTANIAN UNTIRTA

 

Cita-cita Fakultas Pertanian Untirta di masa mendatang tertuang dalam visi sebagai berikut :

 

Fakultas Pertanian Universitas Sultan Ageng Tirtayasa sebagai pusat pendidikan dan pengembangan sumber daya yang handal, profesional dan berdaya saing tinggi dalam menemukan dan menerapkan ilmu pengetahuan dan seni dalam ilmu pertanian, dengan dasar keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang kokoh, yang mendukung pembangunan nasional, khususnya pembangunan Banten.

 

Untuk mencapai cita-cita tersebut di atas maka misi yang diemban Fakultas Pertanian Untirta adalah :

  1. Menghasilkan lulusan yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Menghasilkan lulusan yang handal, profesional, mampu bersaing dalam bidang pertanian, baik skala regional, nasional maupun internasional.
  3. mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang pertanian serta menebarkannya sehingga bermanfaat untuk pembangunan Banten dan pengembangan nasional.
Mengembangkan fakultas dengan ciri – ciri interreneurial university dengan menetapkan pemahaman kewirausahaan, koperasi, ekonomi pertanian, budidaya tanaman, serta produksi tanaman pangan.