Rabu, 15 Mei 2013 - 13:23:04 WIB
PENERIMAAN MAHASISWA BARU JALUR SBMPTN 2013
Diposting oleh : Adh@ilhami
Kategori: Akademik - Dibaca: 8328 kali

Rektor

Prof. Dr. H. Sholeh Hidayat, M.Pd

Rektor Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

 

Seleksi secara nasional dalam penerimaan mahasiswa baru merupakan amanat pasal 37 ayat 1 dan 2 Undang-undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi dan pembiayaanya ditanggung pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Penerimaan mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)  mengedepankan asas kepercayaan kepada sekolah dan madrasah yang penilaiannya berbasis Prestasi akademik dan Nonakademik serta hasil Ujian Nasional (UN). Hasil seleksi jalur SNMPTN akan diumumkan tanggal 28 Mei 2013 setelah pengumuman hasil UN tanggal 24  Mei 2013. Majlis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) menyepakati atas dasar rasa kepercayaan dan kebersamaan membuka jalur kedua dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru Perguruan Tinggi Negeri tahun akademik 2013/2014 yang disebut SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Seleksi jalur ini menggunakan pola ujian tertulis secara nasional. Bagi calon mahasiswa, Ujian Tertulis sangat menguntungkan karena lebih efisien, murah, dan fleksibel. Hal ini dikarenakan adanya mekanisme lintas wilayah.

 

Jalur SBMPTN selain diperuntukkan bagi siswa SMA/MA/SMK/MAK lulusan tahun pembelajaran 2013, juga dilaksanakan untuk memberi kesempatan kepada lulusan SMA/MA/SMK/MAK tahun 2011 dan 2012 mengikuti seleksi pada tahun 2013 ini.

 

Ujian tertulis menggunakan soal ujian yang dikembangkan sedemikian rupa sehingga memenuhi persyaratan validitas, tingkat kesulitan, dan daya pembeda dandaya  prediktif yang memadai. Soal ujian tertulis SBMPTN dirancang untuk mengukur kemampuan umum yang diduga menentukan keberhasilan calon mahasiswa di semua program studi, yakni kemampuan penalaran tingkat tinggi (higher order thinking), yang meliputi potensi akademik, penguasaan bidang studi dasar, bidang saintek dan/atau bidang sosial dan humaniora. Selain mengikuti ujian tertulis, peserta yang memilih program studi Ilmu Seni dan/atau Keolahragaan diwajibkan mengikuti ujian keterampilan.

 

 

Kelompok Prodi dan Jumlah Pilihan

 

Dalam SBMPTN tahun 2013  terdapat perubahan nama pengelompokan program studi dan jumlah pilihan. (1) Program Studi yang ada di PTN dibagi menjadi dua kelompok, yaitu Program Studi Kelompok Saintek dan Program Studi Kelompok Soshum, (2) Peserta dapat memilih program studi sesuai dengan kelompok ujian yang diikuti, yaitu: (a) Kelompok ujian Saintek dapat memilih sebanyak-banyaknya 3 (tiga) program studi dari kelompok program studi Saintek,(b) Kelompok ujian Soshum dapat memilih sebanyak-banyaknya 3 (tiga) progarm studi dari kelompok program studi Soshum, dan (c) Kelompok ujian Campuran dapat memilih sebanyak-banyak 3 (tiga) program studi yang merupakan campuran dari program studi kelompok sainstek dan kelompok program studi kelompok soshum. (3) Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan, (4) Peserta ujian yang hanya memilih 1 (satu) program studi, dapat memilih program studi di PTN manapun, (5) Peserta ujian yang memilih 2 (dua) program studi atau lebih, salah satu pilihan program studi tersebut harus dari PTN yang berada dalam satu wilayah tempat peserta mengikuti ujian. Pilihan program studi yang lain dapat dari PTN di luar wilayah tempat peserta mengikuti ujian, (6)  Daftar wilayah pendaftaran, program studi, daya tampung tahun 2013, dan jumlah peminat program studi tahun 2012 dapat dilihat di laman http://www.sbmptn.or.id.

 

Pendaftaran

 

Pendaftaran dilakukan secara online, tata cara pendaftaran secara lengkap dapat dilihat pada laman http://ujian.sbmptn.or.id. Tatacara pengisian borang pendaftaran ujian tertulis dan keterampilan dapat diunduh (download) dari laman http://download.sbmptn.or.id mulai tanggal 30 April 2013. Adapun pendaftaran secara online dimulai dari tanggal 13 Mei 2013 pukul 08.00 WIB sampai dengan tanggal 7 Juni 2013 pukul 22.00 WIB. Bagi pendaftar yang ingin mendapatkan koneksi Internet untuk pendaftaran online dapat memanfaatkan akses Internet via hotspot (Indonesia wifi / @wifi.id) di Plasa Telkom.

 

Panitia Lokal SBMPTN Banten diselenggarakan oleh Universitas Sultan Ageng Tirtayasa dengan tempat penyelengaaraan terbagi ke dalam dua sub Lokal yaitu Sub  Lokal Serang untuk melayani para calon mahasiswa yang berasal dari dan Kabupaten/Kota Serang, Pandeglang, Lebak, Cilegon dan sebagian kabupaten Tangerang sedangkan Sub Lokal Tangerang yang berlokasi di kota Tangerang untuk melayani calon mahasiswa pendaftar dari Kota Tangerang, Tangerang Selatan dan sebagian Kabupaten Tangerang.

 

Jenis Ujian

 

Ujian Tertulis meliputi :  Tes Potensi Akademik (TPA),  Tes Kemampuan Dasar Umum (TKDU) terdiri atas kemampuan Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris, Tes Kemampuan Dasar Saintek (TKD Saintek) terdiri atas kemampuan Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika., Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (TKD Soshum) terdiri atas kemampuan Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi.

Bagi  calon mahasiswa yang memilih program studi bidang Ilmu Seni dan Keolahragaan diwajibkan mengikuti Ujian Keterampilan : Ujian keterampilan Ilmu Seni meliputi tes pengetahuan dan keterampilan bidang ilmu seni. Ujian Keterampilan Bidang Ilmu Keolahragaan terdiri atas tes kesehatan dan kesegaran jasmani. Ujian Keterampilan dapat diikuti di PTN terdekat yang memiliki program studi yang dipilih. Daftar PTN penyelenggara ujian keterampilan secara lengkap dapat dilihat di laman http://www.sbmptn.or.id.

Program BIDIKMISI

Untuk memberikan akses dan keempatan memperoleh layanan menjadi mahasiswa perguruan tinggi negeri bagi lulusan SLTA yang memiiliki keterbatasan dalam pembiayaan, Kemdikbud menyediakan  Program BIDIKMISI. Untirta pada tahun akademik 2013/2014 mengusulkan kuota 500 orang penerima Bidikmisi. Para calon mahasiswa yang akan mengikuti program Bidikmisi terlebih dahulu harus mempelajari prosedur pendaftaran program Bidikmisi dan harus mendaftar  melalui laman http://bidikmisi.dikti.go.id. Calon peserta program Bidikmisi yang tidak mendaftar SNMPTN dan dinyatakan memenuhi persyaratan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, akan memperoleh KAP dan PIN untuk mendaftar SBMPTN melalui laman http://ujian.sbmptn.or.id, tanpa harus membayar biaya ujian.  Calon peserta program Bidikmisi yang mendaftar SNMPTN dan dinyatakan tidak lulus, boleh mendaftar SBMPTN tanpa harus membayar biaya seleksi dengan menggunakan KAP dan PIN SBMPTN yang harus diperoleh melalui Bidikmisi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.  Calon peserta program Bidikmisi yang mendaftar SNMPTN dan dinyatakan lulus, boleh mendaftar SBMPTN tetapi harus membayar biaya seleksi dengan menggunakan KAP SBMPTN yang harus diperoleh melalui Bidikmisi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Untuk Keterangan lebih lanjut dan lebih lengkap silahkan ke laman Resmi SBMTN di http://www.sbmptn.or.id/utama.php

Materi sosialisasi SBMPTN 2013 dapat didownload disini