Senin, 01 April 2013 - 13:38:44 WIB
PERJALANAN UKM PANDAWA UNIVERSITAS SULTANG AGENG TIRTAYASA
Diposting oleh : Anggit Rachman
Kategori: Kampus - Dibaca: 968 kali

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  

 

PERJALANAN UKM PANDAWA UNIVERSITAS SULTANG AGENG TIRTAYASA (UNTIRTA)

MENUJU LOMBA  7 THN NATIONAL FOLKLORE FESTIVAL DI UNIVERSITAS INDONESIA

DENGAN MERAIH JUARA II

 Assalamu’alaikum Wr. Wb. ...

Melestarikan seni budaya tradisional yang berkecimpung dibidang pelestarian seni dan budaya tradisional khusunya Propinsi Banten merupakan misi dan visi UKM PANDAWA (Paguyuban Seni Budaya Tradisional Mahasiswa) UNTIRTA. UKM PANDAWA UNTIRTA berdiri pada 21 Juli 2005 yang merupakan UKM paling dikenal di kampusnya. Yang di dalamnya berorganisasi di 4 bidang sekaligus, yaitu:

  1. Seni Tari Tradisional
  2. Seni Rupa
  3. Seni Silat dan Debus
  4. Dan Seni Musik dan Suara

Dari ke-4 bidang di atas tersebut masyarakat pandawa jalankan secara beriringan. Dari 4 bidang seni di atas seni tari tradisional mewakili banyak prestasi dalam segi perlombaan baik eksternal maupun internal. Dan alhamdulilah pada tanggal 14 maret 2013 PANDAWA UNTIRTA dipercayai  mewakili UNTIRTA dalam mengikuti ajang perlombaan tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Universitas Indonesia dalam acara 7 tahun NFF (Nasional Folklore Festival). Kami mengirim dua regu perlombaan yaitu, regu pertama yang membawakan tari Wali Jamaliha dan regu kedua membawakan tari Ngabedug Ati.

Sebelumnya PANDAWA UNTIRTA akan sedikit menceritakan dan memberikan motivasi positif tentang perjalanannya menuju pelaksanaan perlombaan. Pada awalnya masyarakat pandawa diinfokan oleh jaro tari, Asri wanita asli Karawang yang sudah semester 6 di UNTIRTA ini mengumumkan bahwa akan ada perlombaan tari tradisional yang diselenggarakan oleh UI. Pada saat itu seluruh masyarakat pandawa mulai berlatih dan bekerja keras untuk dapat mengikuti ajang tersebut, namun pandawa mengadakan penyeleksian untuk nantinya dipilih dari masyarakat pandawa yang akan mewakili perlombaannya karena kami tidak melibatkan semuanya. Setelah penyeleksian dilaksanakan terpilihlah dua regu untuk mewakili yaitu regu tari Wali Jamaliha yang diwakili oleh Futri Alfiani, Novi Verawati, Nurul Marviati, Dhareti Wulan C, Mega Widianingsih, Nur Alfi N. L, dan Sinta N.M. Dan dari regu Ngabedug Ati diwakili oleh M. Hendrik Ependi, Anna Rizqi, Cepi Zaenal Arifin, Aliudin, Ika P.L, Ayu Pratiwi N, Asri Sintiani A, dan Dewi Rahmawat.

Dua bulan kami fokus, rutin, kerja keras dan tidah patah semangat menjalani latihan setiap hari di kampus tercinta UNTIRTA di teater terbuka tempat kita latihan setiap pukul : 15.00 WIB. Keseriusan, candaan, dan kekeluargaan makin terasa disaat latihan, walaupun kami sempat merasakan kurangnya kekompakan, keegoisan, dan berleha – leha tetapi itu semua kami lawan dengan keyakinan. Latihan kami di bantu oleh Akang – Akang dan Teteh – Teteh baik senior maupun alumni yang senantiasaan sabar dan ikhlas membantu, membimbing dan menyemangati kami yang mempunyai visi dan misi yang sama dalam bersaing memperkenalkan budaya Banten melalui Tarian Tradisional khas Banten yang membuat kami merasa bangga. Yang selalu masyarakat pandawa pegang teguh adalah DUIT, maksudnya adalah Do’a Usaha Ikhlas dan Tawakal.

Sehari sebelum pemberangkatan kami menuju tempat perlombaan. Seluruh masyarakat PANDAWA UNTIRTA mengadakan pengajian di teater terbuka bersama Pembina kami Bpk. Deni Sutisna dan bpk. Ustad Jefri yang membantu meminpin dan mengiringi jalannya pengajian tersebut untuk memberikan do’a kekuatan dan do’a kesehatan baik jasmani dan rohani. Dalam pengajian pun tidak lupa Pembina kita memberikan sambutan dan pembekalan untuk disana.

Saya mendo’akan yang terbaik untuk anak – anakku disana agar selalu menjaga kesehatan, menjaga nama baik PANDAWA, dan yang paling penting menjaga nama baik Almamater Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Saya berpesan kita disana bukan bermimpi untuk jadi sang juara, tetapi kita disana untuk memcari banyak pengalaman, mencari teman baru, dan untuk menambah wawasan pengetahuan kita tentang seni dan budaya. Jauhkanlah diri dari kesombongan yang dapat menghancurkan segalanya. Ujar Bpk. Deni Sutisna selaku Pembina UKM PANDAWA UNTIRTA (13 Maret 2013)

Tanggal 14 maret 2013, pukul : 02.00 WIB hari dimana pemberangkatan dengan menggunakan bis UNTIRTA. Suasana yang dini hari kami sedikin mengalami kendala pemberangkatan. Ada kejadian yang membuata kami semua tegang, kesal, resah, gelisah dan semacamnya yang bercampur aduk di pikiran kami karena takut terdiskualifikasi begitu saja, kendala itu adalah menunggu satu anak peserta kami yang tiba – tiba tidak ada kabar entah kemana, ternyata Pu’un pandawa, Anna Rizqi tertidur lelap dirumahnya akibat kelelahan pulang malam dari kampus yang belum juga kunjung datang. Akhirnya dalam perencanaan pemberangkatan pukul 02.00 pagi tertunda sampai pukul 03.30 pagi. Dalam perjalanan dan sampai di tempat perlombaan Universitas Indonesia,Depok pukul 05.30, dan ternyata kami adalah peserta yang pertama kali datang ke acara dengan suasana yang masih sepi dan sejuk, dan akhirnya kami melaksanakan sholat subuh terlebih dahulu sambil menunggu jam registrasi ulang di buka.

Singkat cerita, dua bulan kami bekerja keras akhirnya kami berjaya dalam meraih impian, cita –cita, pencapaian, dan yang paling penting memberi nama baik almamater UNTIRTA. Dari 30 peserta yang mengikuti lomba di 7thn National Folklore Festival di Universitas Indonesia tingkat umum dan mahasiswa, kami adalah peserta mahasiswa satu – satunya Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Banten yang meraih Juara II dari 30 peserta. Di bawah ini adalah data nama dan jumlah peserta yang mengikuti perlombaaan.

 Data jumlah peserta :

1

London School of public relation

15

Sanggar Tari Bali Dwi Payana

2

 Sanggar Tari Ayunda Puspita

16

Sanggar Borneo Khatulistiwa

3

Guna Darma B

17

Sanggar Swargaloka

4

Institut Pertanian Bogor

18

EDC Kalimalang

5

Sanggar Syofyani

19

FISIP UI

6

Guna Darma A

20

Sampoerna School Of Business

7

FMIPA UI

21

UKM UNJ

8

Sanggar Tati Larasati

22

Fisika UI

9

Sanggar Antika Budaya Semarang

23

Universitas Padjajaran

10

UKB ITB

24

LSS ITB

11

Sanggar Putra Purna Yudha

25

STKIP Bina Mutiara

12

Universitas Tirtayasa B

26

IM TELKOM

13

Universitas Pasundan

27

Universitas Tirtayasa A

14

Bedhayn PSTK ITB

28

Sanggar Novi

                                              

 

       Data juara dan skor peserta :

 

Peringkat

Nama Peserta

Wilayah

Subtotal

1

Sanggar Swargaloka

Jakarta

1324

2

Universitas Tirtayasa A

Banten

1278

3

Sanggar Antika Budaya Semarang

Semarang

1180

4

Sanggar Borneo Khatulistiwa

Jakarta

1165

5

Sanggar Tari Bali Dwipayana

Jakarta

1114

 

 

Selain prestasi  yang baru ini, UKM PANDAWA UNTIRTA sudah sering mendapatkan prestasi gemilang lainnya, seperti :

  1. Terbaik  I tingkat PTN/PTS se-Jawa Barat dan Banten di STSI,Bandung;
  2. Terbaik II di Lomba Pentas Kreasi Tari Tradisi HUT PT. Krakatau Steel;
  3. Mewakili Provinsi Banten dalam ajang PEKSIMINAS 2010 di Pontianak, Kalimantan;
  4. Mewakili Provinsi Banten dalam ajang PEKSIMINAS 2012 di Mataram, Lombok;
  5. Dan prestasi gemilang lainnya yang tidak dapat kami sebutkan semuanya.

 Rasa bangga dan ucapan syukur kami kepada Allah SWT, orang tua kami, rasa terimakasih kami kepada seluruh pihak yang mendukung baik internal keluarga UKM PANDAWA UNTIRTA, Pembina UKM PANDAWA UNTIRTA Bpk. Deni Sutisna, Pihak REKTORAT, seluruh jajaran UKM UNTIRTA, dan lainnya yang tidak dapat disebutkan satu persatu. Dan pihak eksternal para pelatih UKM PANDAWA UNTIRTA, Bale Seni Ciwasiat Pandeglang, Sanggar Raksa Budaya, Sanggar Wanda Banten, dan lainnya pula.

Semoga dengan ucap syukur kami ini selaku pelaku seni provinsi Banten dari mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa UKM PANDAWA UNTIRTA. Menjadikan kami semakin kompak, bertanggungjawab dalam prestasi, ditutupi dari sifat sombong,  dapat mempertahankan prestasi yang sudah diraih untuk berkelanjutan, dan selalu menjaga dalam satu visi dan misi kami melestarikan seni budaya tradisional khususnya Banten.

 

Wassalamu’alaikum Wr. Wb. ...... JJJ

PANDAWA... (Abadi)

 

 

Serang, 26 Maret 2013

PENULIS

 

UKM PANDAWA UNTIRTA

 

pandawa