Rabu, 13 Februari 2013 - 08:04:10 WIB
DAYA TAMPUNG SNMPTN 2013 UNTIRTA
Diposting oleh : Adh@ilhami
Kategori: Akademik - Dibaca: 10662 kali

(Serang, 13 Feb 2013) Sebagaimana yang telah diketahui bersama, pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru TA 2013/2014 pada tahun 2013 ini di Untirta terdapat 3 (tiga) jalur masuk yaitu melalui SNMPTN, SBMPTN dan UMBPT. SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) ini dilaksanakan dengan dikordinir secara terpusat yang mana seleksinya berupa penilaian berdasarkan nilai rapor siswa dan prestasi lainnya yang dapat menjadi pertimbangan diterimanya. Pelaksanaan SNMPTN adalah gratis dan ditanggung oleh pemerintah pusat. Adapun alokasi untuk penerimaan dari jalur ini adalah 50% dari daya tampung Untirta.

Sementara itu jalur kedua yang dilakukan di Untirta adalah SBMTPN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) yang mana pelaksanaannya adalah berdasarkan tes tertulis/keterampilan dan biaya dibebankan kepada calon mahasiswa, ini juga dilaksanakan terpusat seperti halnya SNMPTN tahun 2012. Dalam hal ini Untirta mengalokasikan sekitar 20% dari daya tampungnya untuk jalur ini.

Jalur terakhir atau jalur masuk ketiga adalah dengan UMBPT (Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi Negeri) yang diselenggarakan bersama dengan perhimpunan SPMB. Adapun alokasinya adalah 30% dari daya tampung Untirta.

Untuk Jalur PMDK dan Ujian Mandiri yang diselenggarakan oleh Untirta tidak dilakukan lagi untuk tahun ini, demikian kebijakan dari bidang akademik terkait penerimaan mahasiswa baru Untirta tahun 2013.

Adapun daya tampung untuk jalur SNMPTN dapat dilihat pada tabel berikut:

Daya Tampung Untirta SNMPTN 2013

Keterangan Persyaratan:

  1. Tidak tuna netra
  2. Tidak tuna rungu
  3. Tidak tuna wicara
  4. Tidak tuna daksa
  5. Tidak buta warna keseluruhan, boleh buta warna sebagian
  6. Tidak buta warna keseluruhan maupun sebagian

Dari daya tampung yang ada Daya Tampung Untirta untuk SNMPTN 2013 secara total adalah 1260 mahasiswa. Dimana daya tampung tertinggi ada pada Program Studi Ilmu Hukum dan daya tampung terkecil adalah Pendidikan Biologi dan Pendidikan Matematika. Sementara daya tampung untuk Jalur SBMPTN akan ditentukan kemudian berdasarkan kondisi pendaftar yang diterima dan melakukan daftar ulang. 

Perkembangan terakhir (hari ini red) sudah ada sekitar 4724 pendaftar yang memilih Untirta sebagai calon tempat kuliahnya artinya secara kasar rasio daya tampung terhadap jumlah pendaftar untuk hari ini adalah 1 : 3,75 (satu kursi diperebutkan 3-4 orang). Sebagai informasi bahwa sudah ada pendaftar dari seluruh propinsi di Pulau Sumatera kecuali Propinsi Kepulauan Riau. Sementara untuk pulau Jawa didapati ada pendaftar ke Untirta dari seluruh propinsi di Pulau Jawa. Selain 2 pulau besar itu, pendaftar Untirta hanya ada dari pulau Kalimantan yaitu propinsi Kalimantan Barat (data hari ini).