Jumat, 01 Februari 2013 - 21:34:32 WIB
PENDAFTARAN SNMPTN 2013 DIMULAI HARI INI
Diposting oleh : Adh@ilhami
Kategori: Akademik - Dibaca: 5247 kali

Jakarta, 01 Februari 2013-Ingin Daftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013? Pastikan Anda memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan terdaftar di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Inilah syarat utama siswa untuk mendaftar SNMPTN 2013.

Pendaftaran SNMPTN 2013 dibuka mulai hari ini hingga 8 Maret 2013. Bagi siswa yang belum terdaftar atau datanya terdapat kekeliruan dalam PDSS, dapat meminta sekolah yang bersangkutan untuk memasukan nilai rapor kelas 1-3 SMA/SMK/MA/MAK atau memverifikasi data tersebut hingga 8 Februari 2013.

SNMPTN 2013 (yang tahun lalu bernama SNMPTN jalur undangan-red) akan menyeleksi nilai rapor kelas 1-3 SMA/SMK/MA/MAK. Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri (PTN) selaku panitia SNMPTN dan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Ditjen Dikti Kemdikbud) telah menyiapkan sistem komputerisasi dan memberdayakan 61 PTN di Indonesia peserta SNMPTN untuk penyeleksian tersebut.

Selain SNMPTN, Siswa memiliki kesempatan lain untuk masuk PTN. Diantaranya adalah Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) (yang tahun lalu bernama SNMPTN jalur ujian tulis-red) dan Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN). Kedua model ini dilaksanakan pasca pengumuman SNMPTN. “Untuk siswa yang mengikuti ujian paket C, memang tidak dapat mengikuti SNMPTN, tapi masih dapat mengikuti SBMPTN dan SMMPTN,” ujar Ketua Umum Panitia SNMPTN Akhmaloka.

Akhmaloka mengemukakan bahwa Kelulusan Ujian Nasional (UN) 2013 menjadi syarat masuk PTN melalui SNMPTN. Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) ini juga mengungkapkan bahwa seluruh siswa SMA/SMK/MA/MAK lulusan 2013 boleh mengikuti SNMPTN tanpa memandang akreditasi sekolah yang bersangkutan. Dalam sistem seleksi ini, head to head siswa yang berasal dari beragam peringkat nasional tak terhindarkan.

Selain nilai rapor, menurut Akhmaloka solusi permasalahan ini adalah Panitia SNMPTN di masing-masing PTN juga mempertimbangkan beberapa variable. Diantaranya peringkat SMA/SMK/MA/MAK di tingkat nasional dan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) alumni SMA/SMK/MA/MAK tersebut, yang kuliah di PTN yang bersangkutan.

Untuk melakukan pendaftaran SNMPTN 2013 dapat melalui link Ini.