Rabu, 20 Juni 2012 - 15:21:46 WIB
INFORMASI SEPUTAR SEMESTER PENDEK 2012
Diposting oleh : Adh@ilhami
Kategori: Akademik - Dibaca: 3099 kali

 

Berdasarkan Draft Keputusan Rektor No :    /UN43/KR/SK/2012 tentang Penyelenggaraan Perkuliahan Semester Pendek Tahun Akademik 2012/2013, ada beberapa ketentuan umum untuk diperhatikan bersama, yaitu:

  1. Semester pendek adalah satuan waktu kegiatan yang terdiri atas 4 minggu atau 1 bulan kuliah dan setiap mata kuliah dalam 1 (satu) minggu melaksanakan pertemuan sebanyak 3 (tiga) kali, untuk remedial dan akselerasi.
  2. Setiap mata kuliah yang di Semester Pendek-an minimal pesertanya sebanyak 15 mahasiswa per kelas.
  3. Persyaratan mengikuti kelas akselerasi dengan syarat IPK ≥ 3,00 dan untuk persyaratan kelas remedial nilai matakuliah sebelumnya : C, D, atau E.
  4. Apabila ada pembatalan keikutsertaan semester pendek dana akan dikembalikan dengan pengantar dari Kaprodi kepada universitas.
  5. Kegiatan akademik yang dilaksanakan pada semester pendek sama dengan kegiatan akademik yang dilaksanakan pada semester ganjil dan semester genap.

Penyelenggaraan semester pendek tidak merupakan suatu kewajiban setiap fakultas atau program studi. Artinya dalam hal ini fakultas dan program studi bebas mau mengadakan atau tidak, dan juga bebas menentukan mana mata kuliah yang akan diadakan atau tidak.

Mahasiswa dalam menentukan jumlah mata kuliah yang dikontrak di semester pendek dibatasi maksimal 10 (sepuluh) SKS, adapun persyaratan menjadi peserta semester pendek antara lain:

  1. Terdaftar sebagai mahasiswa aktif dan menyelesaikan pembayaran biaya pendidikan pada semester pendek.
  2. Tidak sedang mengikuti Kuliah Kerja Mahasiswa
  3. Tidak sedang cuti kuliah.

Untuk pembiayaan, biaya per SKS yang dibebankan untuk semester pendek adalah Rp. 60.000,-/SKS. Sementara waktu pelaksanaan semester pendek dilaksanakan berdasarkan kebijakan masing-masing fakultas, dan disarankan segera setelah Ujian Akhir Semester Genap 2011/2012.

Demikian beberapa informasi dari Draft Keputusan Rektor tantang Pelaksanaan Semester Pendek 2012, dimana saat ini sedang diinformasikan ke Fakultas untuk dimintai masukkan. Diharapkan dalam satu-dua hari Keputusan final tentang pelaksanaan semester pendek dapat segera dikeluarkan secara resmi.